Hardware Pada Jaringan Komputer

Hardware pada jaringan komputer terdiri dari beberapa macam jenis Adapun pembahasan dari hardware pada jaringan  itu sendiri adalah sebagai berikut :  

1. PERSONAL KOMPUTER ( PC )
      Personal komputer atau PC merupakan perangkat utama dalam suatu jaringan komputer. PC inilah yang akan bekerja mengirim dan mengakses data dalam jaringan. Kemampuan suatu PC sangat menentukan sekali unjuk kerja dari jaringan. Semakin tinggi kemampuan suatu PC maka akses yang dilakukanpun akan semakin cepat .

 2. NIC (Network Interface Card)
    NIC (Network Interface Card) atau yang biasa disebut LAN card ini adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Komponen ini biasanya sudah terpasang secara onboard di beberapa komputer atau laptop.








3. KABEL JARINGAN

     1). Kabel UTP 
     Kabel UTP atau kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.

Cara Pemasangan Kabel UTP :
Pemasangan kabel UTP pada port RJ-45 tidak dapat digunakan urutan warna sembarangan. Untuk penggunaan tertentu, harus digunakan urutan warna yang berbeda karena sudah menjadi aturan. Apabila aturan itu diabaikan, maka koneksi akan gagal atau kurang maksimal.

Kabel UTP 

Cara pemasangan kabel jaringan dengan media transmisi kabel UTP dibagi menjadi dua, yaitu :
a. Straigh-Through
    Kabel UTP dengan pemasangan straigh-through digunakan jika hubungan terjadi antara :
  • Port Ethernet/FastEthernet Router dengan Port Ethernet yang terdapat di hub.
  • Port Ethernet/FastEthernet Router dengan Port Ethernet/FastEthernet yang terdapat di switch.
  • Network adhapter yang terpasang di PC dengan Port Ethernet di hub.
  • Network adhapter yang terpasang di PC dengan port Ethernet/FastEthernet di switch.
b. Cross-Over
    Pemasangan kabel UTP dengan cara cross-over digunakan jika hubungan terjadi antara :
    
- Switch dengan switch.
    
- Hub dengan switch.
    
- Hub dengan hub.
    
- Router dengan router.
    
- NetPC dengan PC secara langsung.

Cara memasang konektor RJ-45 ke ujung kabel UTP :
  • Buka dan lepas pembungkus kabel UTP dengan menggunakan tang crimping.
  • Urutkan wire sesuai dengan standar internasional.
  • Rapikan dan ratakan ujung-ujung 8 wire yang telah diurutkan.
  • Wire yang telah diurutkan dimasukkan ke dalam konektor RJ-45 dan pastikan urutannya tidak berubah.
  • Pastikan bahwa ujung 8 wire yang dimasukkan mencapai bagian terdalam (ujung) konektor RJ-45.
  • Kunci konektor RJ-45 dengan menggunakan tang crimping UTP.
  • Hal yang sama dilakukan pada ujung kabel yang lain.
  • Periksa koneksi kedua ujung kabel menggunakan UTP cable tester
 
      2). Kabel STP
      Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer. Kabel ini berisi dua pair kabel (empat kabel) yang masing-masing pair dipilin (twisted). Masing-masing kabel berupa kabel dengan inti kawat tembaga tunggal yang berisolator. Keempat kabel tersebut dibungkus dengan anyaman kabel serabut yang berfungsi sebagai pelindung dan grounding (shielded). Sebagai pelindung luar adalah lapisan isolator yang merupakan kulit kabel. Kabel ini mampu mentransmisikan ata hingga 16 Mbps dengan jarak maksimal 100 meter.
       
    3). Kabel Coaxial (Kabel Coaxial)
     Kabel coaxial adalah kabel tembaga yang diselimuti oleh beberapa pelindung dimana pelindung-pelindung tersebut memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Konduktor, berupa kabel tunggal atau kabel serabut yang merupakan inti dari kabel Coaxial. Bagian ini merupakan bagian kabel yang digunakan untuk transmisi data atau sebagai kabel data.
  • Isolator dalam, merupakan lapisan isolator antara konduktor dengan grounding, yang juga berfungsi sebagai pelindung kabel inti (konduktor).
Isolator luar, bagian berupa lapisan isolator yang juga merupakan kulit kabel. 

4. HUB
       Hub adalah alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.


                                                                       hub.

5. ROUTER
    Router Alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan. router dapat digunakan jika tersambung paling tidak dengan dua jaringan yang berbeda sehingga pengaturan tersebut membutuhkan sebuah router.Router berada di sisi gateway sebuah tempat dimana dua jaringan LAN atau lebih untuk disambungkan. Router menggunakan HEADERS dan daftar tabel pengantar (Forwarding Table) untuk menentukan posisi yang terbaik untuk mengantarkan sebuah paket jaringan dan juga menggunakan protokol seperti ICMP,HTTP untuk berkomunikasi dengan LAN lainnya dengan konfigurasi terbaik untuk jalur antar dua host manapun.  


 
 
     router

Sumber  :  


0 Comment:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes