Evaluasi

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Jaringan Komputer !
2. Sebutkan Jenis-jenis Jaringan !
3. Apa perbedaan Tipe Jaringan Peer to Peer dengan Client Server ?
4. Sebutkan Macam-macam Topologi Jaringan !
5. Jelaskan Perbedaan kabel UTP tipe Cross-over dengan tipe Straight !
6. Konektor apakah yang digunakan dalam membuat kabel cross/straight ?
    a. RG-11                            c. BNC
    b. Co-Axial                        d. RG-45

7. Salah satu topologi jaringan adalah ?
    a. Moon                              c.WAN
    b. Strar                               d. peer to peer




Jawaban



1.      
1.  Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung dengan media kabel maupun media wireless dan mempunyai suatu tujuan tertentu.
2. 1. LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
2. WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
3. MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
4. INTERNET
Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan Internet.
5. WIRELESS
Wireless merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

3. 1. JARINGAN CLIENT-SERVER
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan,dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.Server di jaringan tipe ini disebut dengan Dedicated Server kerena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

2. JARINGAN PEER TO PEER
Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut,maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan nondedicated server,karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

4.  Jenis Jenis Topologi Jaringan
1.                  Topologi BUS
2.                  Topologi RING
3.                  Topologi STAR
4.                  Topologi Tree
5          Topologi Mesh

5.  Perbedaan antara kabel cross dengan kabel straight yaitu kalau kabel cross susunan kabel antara ujung satu dengan yang lainnya berbeda yaitu T-568A dengan T-568B, dan fungsi kabel cross untuk menghubungkan komponen komponen yang sama seperti PC dengan PC, HUB dengan HUB, Switch dengan Switch, sedangkan Kabel Straight susunan kabel antara ujung yang satu dengan yang lainnya sama yaitu T-568A dengan T-568A, dan fungsi kabel nstraight yaitu menghubungkan komponen-komponen jang berbeda yaitu antara PC dengan HUB/Switch
6. Jawaban : D. RG-45
7. Jawaban : B. Star

1 Comment:

Pengertian Evaluasi mengatakan...

Artikelnya Sangat membantu... semoga bermanfaat untuk yg lainnya

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes