1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia

Latar  Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase  konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan  Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang  dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa  Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat  monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana  mempertahankan konsentrasi pengemudi. “Reaksi psikologis seseorang di  dalam terowongan sangat penting … hal itu membuat perbedaan antara  orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,”  kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University  of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda.  “Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang  dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik.” Beberapa  solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru  terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver  konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi  menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi  dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa  terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis

Latar  Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini  menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan  31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa  Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah  sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. “Ada  usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka  berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik,” kata Hashash.  setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua  negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena  panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk  jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam  terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah

Latar  Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion  di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa  Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai  sarana pengemudi menikmati pemandangan. “Ketika Anda meninggalkan Sion  menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan  yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan  cantik,” kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,  yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali  selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico

Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan,  termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang  lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal  dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa  Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko  menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun  tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,  sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan  dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun  selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki

Background:  Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi  penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya  telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa  Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang  menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus  untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan  Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan  kedalaman maksimum 180 meter.
6. Thames Tunnel
Lokasi : London, Inggris

Latar  Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak  mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat  dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah  tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa  Unik : “Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama  kalinya konsep perisai tunneling digunakan,” Hashash menceritakan. “Ini  adalah tonggak utama.” Perisai tunneling adalah suatu alat yang  dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai  dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk  aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air.  Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad  ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi  konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur  yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria  memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia  konstruksi.
7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan

Latar  Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu  dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa  Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel  adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil  membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan  geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur  dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan  menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California

Latar  Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San  Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima  jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa  Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan  tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash  berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat  biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya  membangun satu jembatan besar.
9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ

Latar  Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah  zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di  dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara,  dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa  Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga  dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah  Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer  besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput  seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak  20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara  dan Korea Selatan.
10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia

Latar  Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu,  ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock.  Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832  adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa  Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung  kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api  penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang  tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu  bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur  alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow  Wilson’s menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke delapan.
11. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Lokasi : Clear Creek County, Colorado

Latar  Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan dengan panjang 1,67  mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di tengah-tengah Rockies.  Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu jam dibandingkan rute  alternatif melalui Loveland Pass.
Mengapa  Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol, seperti  dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan  yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung  terpanjang di AS. Menambah struktur’s mistik adalah bahwa ia memotong di  bawah Continental Divide, titik di mana badan-badan air yang mengalir  ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang mengalir ke Atlantik.
12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado

Latar  Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti  kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa  Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas  ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur  mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.
Mengapa  Unik : Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri  terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan  seberat 25-ton di sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini  dengan menembus batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun  1966. “Granit merupakan batu yang sangat keras,” kata Hashash. “Untuk  struktur pelindung itu sangat baik.”
13. MailRail
Lokasi : London, Inggris

Latar  Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan  pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal  abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda  dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk  paket.
Mengapa  Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan  terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di  London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak  menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan  melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam,  berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan.  Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika  terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.
14. Tokyo Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang

Latar  Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke  6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu  lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara  Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa  Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh  dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di  pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka.  Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi  “kunang-kunang laut,” bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang  terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di  teluk.
15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada

Latar  Belakang : Kanada pada musim dingin bisa brutal, tapi tunel ini  menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat besar dengan cepat dan  hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. Lebih dari 100.000  penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah serupa, yang  merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.
Mengapa  Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal,  memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto membuat  terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor  psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk kompleks ini, Hashash  berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan keberadaan  mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem signage komprehensif  untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap huruf di  sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter  berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka menuju selatan,  sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.
16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam

Latar  Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting  dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan  Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar  lebih dari 150 mil.
Mengapa  Unik : Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi  terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam  beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka  melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi  pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan.  Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah  diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.
17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss

Latar  Belakang : Jika terowongan ini sudah selesai dikerjakan, ini akan  menjadi terowongan transportasi terpanjang dengan panjang lebih dari 35  kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas yang  mudah, sehingga batas waktu untuk penyelesaian telah mundur beberapa  tahun, dan biaya telah meningkat sebesar miliaran euro.
Mengapa  Unik : Meskipun pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan Basis  Gotthard akan tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk seluruh  perjalanan. “Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah suatu  pertimbangan penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan tinggi  melalui terowongan,” kata Hashash. Dan sementara biaya proyek telah  meningkat, terowongan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan  perdagangan antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan banyak negara  Eropa lainnya.
18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan

Latar  Belakang : Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of  Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan  mitologi.
Mengapa  Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang  tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal karena  kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada  tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik,  batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm  mungkin diperlukan untuk pelancong.



 
 


 Krisna Ade Marta
Krisna Ade Marta
 
 Posted in:
 Posted in:  
0 Comment:
Posting Komentar