Apa itu Scam ? Bagaimana cara mengatasinya ?

Yang akan krisna bahas pada kesempatan ini adalah scam dan cara mencegah scam! Waow, scam? Apa itu scam? Ada yang sudah tahu apa itu scam?
Yup, daripada banyak penasaran mending kita bahas saja bersama-sama. Meluncurrr . .



Apa itu scam?
Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam. Dalam bahasa Inggris, scam diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan. Wikipedia.

Biasanya scam ini dilakukan dengan memanfaatkan keluguan para korbannya. Tidak hanya itu, scam juga dilancarkan dengan memanfaatkan keinginan korban untuk mendapatkan sesuatu yang maksimal dari usaha yang minimal sehingga korbannya pun akan dijerumuskan oleh sanga pelaku dalam keluguan dan ketidaktahuan mereka. Biasanya yang banyak terjadi praktik penipuan berbasis scam ini dapat kita lihat pada bisnis affiliasi, refferal, atau reseller. Mengapa? Karena dengan cara inilah yang mampu untuk memperluas jaringan bisnis dan pemasaran mereka. Ditinjau dari segi biaya pun terhitung murah, karena para korbannya lah yang akan memperluas jaringan induk pelaku scam ini, sehingga pelaku tidak perlu repot-repot turun tangan dan bisa meminimalisir biaya pemasaran seperti iklan.
Wah wah,, menyesatkan sekali bukan?

Lalu, bagaimana cara kita untuk mencegah scam?
Ada beberapa upaya preventif yang menghindarkan kita dari resiko terkena scam ini, antara lain;

Perhatikan sistem kerjanya.

Jika kita sebagai affiliaternya maka lihatlah sistem kerja dari situs tersebut. Jika kita yang sebagai affiliater atau sebagai member dijanji-janjikan keuntungan yang besar padahal usaha yang kita lakukan terbilang mudah atau kecil, maka kemungkinan besar kita sudah terkena program scam!

Perhatikan juga komisinya.

Kira-kira mungkin tidak jika sebuah program akan membayar kita dengan nilai nominal yang besar padahal kita sendiri baru terbilang baru dan kalau pun melakukan usaha untuk kepentingan mereka juga tidak sesignifikan bayaran yang kita terima? Aneh bukan? Paling tidak itu kita akan menerima bayaran yang katakanlah sesuai dengan usaha kita.
Jika kita disuguhkan pada penawaran bayaran yang menghebohkan seperti itu, maka jangan ragu lagi untuk menyebut hal itu sebagai scam!

Cek umur situsnya.

Semakin lama umur sebuah situs penyedia layanan yang memberikan bayaran untuk kita, maka akan semakin bagus pula kredibilitas dari situs tersebut di mata masyarakat. Saat kita hendak bergabung dengan sebuah program bisnis internet maka cek dulu berapa umur dari situs tersebut. Idealnya adalah situs yang berumur lebih dari dua tahun sudah cukup layak untuk memiliki kredibilitas yang terpercaya.
Cek umur situsnya di http://www.domaintols.com.

Bertanya kepada yang tahu.

Jika kita masih ragu, maka bertanyalah kepada yang lebih tahu tentang validitas situs yang akan kita ikuti programnya. Bertanyalah pada forum-forum yang membahas topik bisnis internet, milist yang membahas bisnis internet, atau bahkan lewat yahoo answer. Usahakan kita mendapatkan informasi yang cukup akurat dan lengkap agar tidak tertipu dalam program scam.

Yup, itulah beberapa penjelasannya kawan.
Jangan pernah tergoda bujuk rayu dengan keuntungan besar yang dihasilkan. Tertarik memang boleh, akan tetapi sungguh hal yang sangat bijak jika kita pun lebih selektif dalam memilihnya bukan?
Saran yang paling penting dan paling mujarab adalah jangan pernah mencoba-coba bisnis internet yang tidak jelas dan kita tidak memiliki kapasitas di dalamnya. Jangan bertindak konyol. Tetap amati, teliti, cermati dengan penuh hati-hati!

Yang ingin bersuara, langsung saja komentar di bawah ya? Siapa tahu ingin berbagi pengalaman atau ingin berbagi tips triknya seputar scam. Ok?
Salam blogger..!

11 Comment:

Agen poker Online mengatakan...

Terima kasih atas infonya min sangat berguna dan bermanfaat

Agen DominoQQ mengatakan...

makasih infonya min..

Unknown mengatakan...

Kalo suda terlanjur kena cara mengatasinya gmn?

Unknown mengatakan...

VBdata scam gak ya

Unknown mengatakan...

Optorb scam ngk ya??

Bisnis Tanpa Modal mengatakan...

Kalau udah terlanjur jadi afiliasinya gmna?

badrutea mengatakan...

jjmobil.com scam bukan ya

Unknown mengatakan...

Min kayaknya gue kena scam ni oleh aplikasi plenyut Pengasih pulsa, it gatasi gimna mid, tolong gue lah

Unknown mengatakan...

Klitos & plenyut Scam anjay

Unknown mengatakan...

Indodax termasuk scam bukan min??

Bundet mengatakan...

Aku juga punya cerita serta bukti screenshootnya, serta cara mengatasinya mana kala aku mendapatkan serangan itu. Selengkapnya Apa itu SCAM, Contoh & Antisipasinya?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes