Fitur Baru dari Windows Vista



Windows Vista memang memberikan banyak kemudahan terkait masalah desain grafis, animasi, pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan bisnis, kemudahan melakukan akses internet, dan sebagainya. Demi semuanya itu, Vista menyodorkan berbagai fitur baru dan fitur lama yang ditingkatkan kemampuannya.

Windows Aero
AERO (Authentic, Energetic, Reflective, and Open) adalah sebuah desain user interface dan engine grafis terbaru yang digunakan pada Windows Vista. AERO dapat membuat Windows Vista hadir dengan penampilan window yang transparan (seperti kaca), animasi dimensi pada icon beresolusi tinggi, juga fitur eye candy yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Mac OS X.


Windows Sidebar
Fitur Windows Sidebar akan memunculkan berbagai informasi yang diinginkan oleh penggunanya, seperti real-time informasi ramalan cuaca, informasi tentang berbagai harga saham, status sistem, dan informasi-informasi lainnya yang dapat di setting sendiri oleh penggunanya seperti berita olahraga dan sebagainya. Windows Vista juga dilengkapi dengan Auxiliary Display untuk memudahkan para pengguna laptop mendapatkan informasi-informasi penting yang mereka perlukan seperti jadwal pertemuan, daftar alamat dan nomor telepon penting, email terbaru dan lain sebagainya tanpa harus masuk ke dalam display utama laptop mereka. Auxiliary Display ini akan terus tampil bahkan pada saat laptop berada dalam keadaan stand-by atau pada saat laptop mati.

DirectX 10
Windows Vista juga akan mulai menggunakan DirectX 10, sebuah versi baru Direct3D dengan beberapa fitur lama yang dihilangkan. Saat melihat melalui dxdiag, mungkin versi yang terlihat adalah versi 9.0c. Tapi bila Anda melihat ke bagian tab yang ada di atasnya, beberapa tab sudah dihilangkan. Apa saja yang dihilangkan? DirectPlay dan DirectMusic. DirectPlay dihapuskan karena aslinya dirancang untuk keperluan game P2P melalui koneksi serial. Sementara game multiplayer saat ini lebih banyak menggunakan Internet Protocol. Sedangkan DirectMusic dipakai untuk membuat musik game berbasis MIDI yang saat ini juga jarang digunakan, dan akhirnya dihilangkan. Tambahan terbesar pada DirectX 10 adalah dukungan untuk geometry shader. Melalui shader ini para developer bisa memanipulasi gambar primitif dengan menggunakan shader. Dengan geometry shader, akan membantu mengurangi bottleneck pada bandwidth memory, terutama saat melakukan rendering gambar yang berbentuk seperti rambut atau bayangan.

Search
Tata letak fitur Search pada Windows Vista akan mengalami sedikit perubahan. Bila pada Windows XP tombol F3 digunakan untuk melakukan pencarian atau mengaksesnya melalui start menu, maka pada Vista fungsi pencarian sudah terintegrasi pada start menu itu sendiri. Windows Vista juga mengadopsi fitur Instant Display yang sebelumnya sudah dapat ditemukan pada Google Desktop dan Mac OS X. Fitur ini juga dapat melakukan menyimpan hasil pencarian dari Virtual Folder bahkan dari RSS/ATOM feed.

Internet Explorer 7+
Untuk keperluan browsing internet, seperti halnya Windows XP yang sudah terintegrasi dengan IE6, maka Windows Vista akan hadir dengan IE7+. Pengguna Windows XP juga dapat menginstal IE baru ini namun dengan nama IE7 tanpa tanda plus di belakangnya. Tanda + diberikan untuk membedakan IE milik Vista dan XP. Pada versi 7 ini mengalami banyak perbaikan security dan penambahan fitur-fitur yang menarik. Phishing filter sebagai ActiveX Opt-in untuk menghalangi serangan ActiveX dari website para cracker, RSS feed reader untuk membaca berita melalui RSS feed, Quick Tabs yang dapat dikumpulkan dalam satu grup sesuai kategori website, Page Zoom, Search Box, dan Advanced Printing. Selain itu, terdapat Fitur Parental Control, yang memungkinkan orang tua bisa mengatur penggunaan komputer berdasarkan waktu (time limit). Misalnya hanya bisa diaktifkan dua hari dalam seminggu, masing-masing enam jam. Jika tak menginginkan anak-anak bermain game tertentu, bisa dilakukan pembatasan pada game dimaksud. Parental control juga memungkinkan seseorang memblok situs-situs tertentu, termasuk di dalamnya materi-materi yang tidak bisa diakses. Misalnya materi mengenai pornografi. Yang menarik, Vista juga memungkinkan seseorang lebih dari sekadar melakukan pembatasan dengan adanya activity report. Dalam activity report terdapat informasi kapan komputer diaktifkan, situs mana saja yang berhasil diakses dan tidak berhasil diakses.

Windows Media Player 11
Secara garis besar, Windows Media player 11 tidak terlalu mengalami perubahan dari versi sebelumnya, kecuali dari peletakan tombol dan UI (user interface) yang sedikit diberi sentuhan AERO agar lebih cocok dengan Vista. Yang paling mencolok adalah tombol navigasi yang digeser ke arah tengah sehingga sekilas mirip dengan ITunes milik Apple. Demikian pula proses pencarian pada media library terasa lebih cepat pada versi ini.

Windows Mobility Center
Fitur ini hanya akan ditemukan oleh user yang menggunakan notebook dengan sistem operasi Windows Vista karena fungsinya yang memang dikhususkan untuk jenis komputer portabel. Seperti fitur akses cepat ke kondisi baterai, display external, sound, dan wireless LAN yang memang biasanya hanya ada pada komputer portabel.

Instant Desktop Search
Operating System yang baru ini juga mengintegrasikan Instant Desktop Search untuk memperbaiki fungsi Search dari Windows versi sebelumnya. Oleh karena itu, Windows Vista ini akan menggunakan indexing yang jauh lebih baik dan user-assignable metode yang akan membuat pencarian untuk file-file apapun, termasuk email dan Web content, semakin mudah.

Windows Collaboration
Modul Windows Collaboration yang menggunakan
teknologi peer-to-peer akan memungkinkan pengguna Vista untuk bekerja bersama-sama dalam suatu ruang kerja secara virtual. Penggunanya dapat membentuk suatu kelompok kerja dan kemudian bekerja bersama-sama dalam suatu dokumen tertentu, melakukan persentasi dan saling bertukar pesan. Bahkan sesama pengguna Windows Vista dapat melakukan “posting handouts” satu dengan lainnya.

Go Mobile
Bagi pengguna PDA ataupun Mobile Phone, Windows Vista mempunyai fitur Sync Center yang akan dapat secara otomatis mengintegrasikan aplikasi  PDA atau Mobile Phone Anda untuk memudahkan transfer file atau email ke dalam komputer Anda.

Volume Control
Satu hal lagi yang menarik dari Windows Vista adalah pada volume control-nya. Dalam Windows XP, volume control hanya berupa slider-slider sederhana seperti yang sudah ada sejak zaman Windows 95. Namun dalam Vista, volume control dapat mengatur kondisi volume suara yang berbeda untuk setiap aplikasi yang menyala. Pengguna bisa mengatur aplikasi mana yang lebih keras suaranya. Semuanya terserah dengan selera dan kebutuhan telinga pengguna.

0 Comment:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes