Tahun 2012, Kapasitas Harddisk Capai 3TB

Tuntutan akan harddisk yang lebih lega selalu saja ada. Apalagi software masa kini kian rakus saja melahap ruang simpan. Namun kini harddisk bukanlah satu-satunya storage pada komputer. Selain harddisk, sudah t tersedia SSD (solid state disk). Dari segi kapasitas, SSD yang menggunakan NAND flash memory ini bahkan sudah melampaui harddisk 1,8” dan makin mendekati kapasitas harddisk 2,5”.  Lihat saja klaim beberapa vendor. Mereka mengatakan akan menyediakan SSD dengan kapasitas 512GB.
Akan tetapi menurut analis lembaga riset indepen IDC John Rydning, harddisk-lah yang akan menang di masa depan. Permintaan harddisk di beberapa segmen pasar memang digerogoti oleh SSD, tetapi industri harddisk akan bisa mempertahankan jumlah pengiriman dan pemasukan pendapatan dari harddisk. Begitu tutur Rydning yang dilansir TGDaily.


Kuncinya tentu saja adalah harga per MB, yang bisa dipertahankan melalui teknologi PMR (perpendicular magnetic recording). IDC pun lalu memprediksikan bahwa kapasitas harddisk akan melonjak tiga kali lipat pada tahun 2012. Dengan kata lain, pada waktu itu harddisk 1,8” dapat saja berkapasitas 500GB. Sementara itu harddisk 2,5” diprediksikan akan berkapasitas sekitar 1,5TB, dan harddisk 3,5” berkapasitas sekitar 3TB.
Menurut IDC, pasar harddisk yang kurang dipengaruhi oleh teknologi saingan, seperti enterprise storage system, perangkat storage pribadi, dan personal video recorder,  akan mengkontribusikan nyaris 50% dari total pengiriman harddisk pada tahun 2012.

0 Comment:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes