Footnote Microsoft Office 2007


Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan.
Sistematika penulisan

  1. Catatan kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks.
  2. Catatan kaki diketik berspasi satu.
  3. Diberi nomor.
  4. Nomor catatan kaki diketik dengan jarak enam karakter dari margin kiri.
  5. Jika catatan kakinya lebih dari satu baris maka baris kedua dan selanjutnya dimulai seperti margin teks biasa (tepat pada margin kiri).
  6. Jika catatan kakinya lebih dari satu maka jarak antara satu catatan dengan catatan yang lainnya adalah sama dengan jarak spasi teks.
  7. Jarak baris terakhir catatan kaki tetap 3 cm dari pinggir kertas bagian bawah.
  8. Keterangan yang panjang tidak boleh dilangkaukan ke halaman berikutnya. Lebih baik potong tulisan asli daripada memotong catatan kaki.
  9. Jika keterangan yang sama menjadi berurutan (misalnya keterangan nomor 2 sama dengan nomor 3, cukup tuliskan kata ibid daripada mengulang-ulang keterangan catatan kaki.
  10. Jika ada keterangan yang sama tapi tidak berurutan, berikan keterangan op.cit., lih [x] [x] merupakan nomor keterangan sebelumnya.
  11. Jika keterangan seperti opcit tetapi isinya keterangan tentang artikel, gunakan loc.cit.
  12. Untuk keterangan mengenai referensi artikel atau buku tertentu, penulisannya mirip daftar pustaka, tetapi nama pengarang tidak dibalik (http://id.wikipedia.org/wiki/Catatan_kaki)
Bagaimana sudah bisakah anda membuat catatan kaki di Microsoft office 2007 ? atau mungkin saat ini anda sedang menulis Tugas Akhir (TA)  atau tulisan ilmiah lainnya ? berikut ini bagaimana cara membuat catatan kaki pada Microsoft office 2007.
Jalankan Microsoft office word 2007
Kemudian klik pada menu References dan klik pada footnote, tepatnya disebelah kanan tulisan footnote bertanda panah ke bawah. (lihat gambar).


Sehingga muncul jendela footnote seperti pada gambar berikut.



Atur semua keperluan seperti Location, pilihan membuat footnote atau endnote, karena kita membuat footnote maka pilih Footnote, kemudian Format, tentukan format yang sesuai dengan kebutuhan misalnya catatan kaki dengan format nomor seperti I,ii,iii … dst. Atau 1,2,3 … dst, juga mengatur awal penomoran untuk footnote.
Terakhir klik Insert kemudian ketikan catatan kaki yang hendak ditempatkan di bagian bawah halaman.

0 Comment:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes