VOICE OVER INTERNET PROTOCOL (VOIP)



Voice Over Internet Protocol (VOIP) merupakan suatu transmisi data berupa suara melalui Internet. VOIP ini bisa membuat panggilan suara  yang melalui Internet.VOIP ini juga di sebut sebagai Internet Telephony atau Broadband Phone atau IP Telephony atau Voice Over Broadband. Para penyedia layanan Internet Telephony menggunakan protokol yang berbeda untuk transmisi sinyal suara melalui jaringan IP di Internet. Protokol-protokol ini disebut sebagai Voice Over IP.

SEJARAH VOICE OVER INTERNET PROTOCOL
Ide-ide untuk membuat panggilan telepon atau Voice Over Internet Protocol melalui Internet sudah ada sejak perkembangan Internet. Voice jaringan protokol yang merupaka percobaan dyang di lakukan oleh para pendiri ARPANET. Hasil dari percobaan yang di lakukan oleh para pendiri ARPANET sudah di gunakan untuk mengirim sinyal suara pada awal tahun 1973. Kemudian teknologi ini mulai di kembangkan hingga tahun 1990-an dan menciptakan fasilitas VOIP yang di gunakan oleh orang banyak.


JENIS-JENIS LAYANAN VOIP
Ada dua jenis layanan pada VOIP yaitu : jasa Direct Inward Dialing (DID), dan akses fasilitas Nomor. DID merupaka layanan yang langsung menghubungkan dua VOIP pengguna satu dengan yang lainnya. Nomor Akses fasilitas VOIP memerlukan pemanggil untuk memasukkan nomor ekstension yang lain bagi penerima panggilan VOIP.



Keuntungan IP Telephony :
Ada banyak keuntungan dari IP Telephony, yang merupakan salah satu alasan utama untuk popularitas mereka. Ini mencakup berbagai fitur yang sebagian besar penyedia layanan IP Telephony, seperti 3-cara-menelepon, call forwarding, panggilan ulang otomatis dan fasilitas caller ID. Keuntungan di sini adalah bahwa penyedia VOIP Telepon menyediakan layanan ini secara gratis, sementara Perusahaan Telecom reguler biasanya dikenakan biaya untuk layanan ini. Keuntungan lain adalah bahwa panggilan VoIP ini dapat ditularkan pada baris yang sama sebagai koneksi broadband. Hal ini memungkinkan penyedia layanan Broadband untuk menyediakan jalur telepon bersama dengan koneksi broadband, sebagai add-on. Telepon broadband dengan demikian menjadi bagian integral dari beberapa rumah dan kantor.
Namun keuntungan yang terbaik, adalah panggilan VOIP yang independen dari lokasi penelepon. Satu-satunya yang dibutuhkan adalah koneksi Internet dari penyedia layanan VOIP. Seringkali layanan Telephony Internet juga dapat dikombinasikan dengan berbagai layanan lainnya seperti video conferencing, audio conferencing, transfer data dan sebagainya, yang berguna dalam beberapa kantor dan telah menjadi sangat berharga bagi usaha internasional untuk efisiensi kerja.

0 Comment:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes