Cara Mengetahui Lisensi Sistem Operasi Windows 7

Setiap menginstall windows, kita sebagai konsumen mau tidak mau harus menyetujui license yang diajukan oleh Microsoft agar bisa menggunakan OS ini pada komputer. License ini berupa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi jika menggunakan komputer atau notebook yang menggunakan operating system buatan Microsoft. Setiap komputer memiliki nomor unik tersendiri yang pasti berbeda dengan komputer lain. ID ini dipakai Microsoft untuk menentukan apakah Windows anda original atau tidak.

Cara Mengetahui Lisensi Sistem Operasi Windows 7 Image
Sama seperti versi windows yang lain, Microsoft juga menyediakan ID yang berbeda untuk setiap komputer yang terinstall Windows 7. Jika anda ingin mengetahui license Windows 7 pada notebook atau komputer, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka comand prompt dengan cara klik tombol Start, pilih Run dan ketik CMD yang diikuti tombol Enter.
  • Ketikkan SLMGR kemudian tekan tombol Enter. Perintah ini tidak akan memberikan informasi apa-apa karena perintahnya sendiri belum lengkap. Windows sendiri akan memberikan informasi yang tepat bagaimana cara memasukkan kode yang benar.
    Cara Mengetahui Lisensi Sistem Operasi Windows 7 Image
  • Sekarang coba anda ketil SLMGR /DLI pada command prompt. Perintah ini akan memberikan informasi sederhana mengenai lisensi dari windows pada komputer atau notebook.
    Cara Mengetahui Lisensi Sistem Operasi Windows 7 Image
  • Lanjutkan dengan mengetikkan perintah SLMGR /DLV pada DOS command. Perintah ini akan memberitahu Windows untuk menampilkan detail lisensi Windows yang sedang anda gunakan.
    Cara Mengetahui Lisensi Sistem Operasi Windows 7 Image
  • Selanjutnya ketikkan SLMGR /XPR pada jendea CMD. Dengan ini anda dapat mengetahui kapan lisensi Windows akan berakhir. Jika anda menggunakan versi trial, Windows akan memberi keterangan kapan lisensi Windows anda berakhir.
    Cara Mengetahui Lisensi Sistem Operasi Windows 7 Image
Perintah-perintah di atas memang jarang dipakai, terlebih lagi orang awam yang tidak begitu memperdulikan lisensi Windows pada komputer/notebook yang sedang dipakai. Tetapi tips ini bisa anda gunakan sebagai referensi jika Windows anda bermasalah sewaktu registrasi ke Microsoft.

0 Comment:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes